25 July 2009

Jerawat Dan Celana Dalam

Entah mitos darimana tu yang beredar di sebagian masyarakat? masa sih untuk menyembuhkan jerawat harus di usap-usap pakai celana dalam..Haha..Yang ada malah bau buu..! Apalagi kalo dah sebulan ga dicuci..Hehe..

Jerawat tu justru harus dirawat dengan cara yang higienis. Muka dicuci dengan air hangat-hangat kuku pake waslap yang bersih dan dikeringkan dengan handuk yang bersih, bukannya pake CD..Heu..

Eh tapi katanya sih kalo mau mencuci wajah jangan pake sabun mandi biasa, karena ada yang bersifat abrasif yang bisa mengiritasi kulit atau kulit mengelupas dan menjadi kemerahan.

Ada beberapa penyebab munculnya jerawat di antaranya yaitu makanan yang kandungan lemaknya tinggi seperti goreng2an, kacang tanah dan coklat, waduuh..! Padahal semua makanan itu aqu suka banget..Tapi masih dalam penyelidikan lho kebenaranya!, trus sebab lainya adalah konsumsi obat yang mengandung kortikosteroid, pemakaian kosmetik yang salah (buat cewe lho!), trus pengaruh hormonal juga menjadi salah satu faktor penyebab.

Ada mitos lagi neh! Jerawat akan hilang dengan sendirinya kalau orang tersebut telah menikah, haha..Makanya buruan nikah!

Kata salah seorang dokter mitos itu sih ada benarnya juga, ketika seseorang telah menikah, kerja hormon jadi lebih seimbang sehingga jerawat akan berkurang atau hilang sama sekali. Tu kan! Ayo buruan nikah! Haha...Ga denk, nikah tu tetap aja perlu persiapan yang matang..Wow..! Bijak juga aqu ini..
Maksudnya tu bukan buruan nikah, tapi ntar kalo menikah jerawat itu akan hilang dengan sendirinya kalee..!

Makanya sebelum jerawat mengerumuni wajah kita, perlu langkah antisipatif atau preventif, wew! Bahasanya, seperti menghindari stress walau kadang sulit dihindari, bersihkan wajah secara teratur untuk mencegah tumbuhnya bakteri, hindari makanan yang banyak mengandung lemak dan terlalu gurih trus udah ah cape euy..!

Ow ya kalo jerawat udah nongkrong di wajah kita, jangan asal dipencet, ntar bisa infeksi, nah kalo infeksi udah parah bisa meninggalkan bekas yang tidak bisa dihilangkan.

Anjuran orang tua-tua agar sipenderita jerawat mencuci muka dengan teh basi atau air daun sirih justru boleh diikuti, karena dengan mencucinya, kulit jadi bersih, sedangkan air daun sirih yang mengandung zat antiseptik dapat mencegah terjadinya infeksi. Wuah! gua koq jadi kayak dokter gini, padahal mah infonya dari intisari, bukan miras bro! Tapi majalah tau!

Ya udah bagi orang-orang yang saat ini sedang memelihara jerawat, untuk menangani masalah jerawat, sebaiknya sih percayakan pada dokter ahli penyakit kulit. Apalagi untuk jerawat jenis nodula atau kista yang perlu penangan khusus. Jangan sampai penyakit yang sepele ini justru menjadi sebaliknya akibat penangan yang tidak benar, seperti diusap pake celana dalam tadi haha..

5 comments:

SUNDANESIA said...

Ada 'jerawat' d LG-ku. Obatnya apa ya?

Jhonthor said...

Di LEM BIRU..! eta kr urang ..Haha..

Vie Larantika said...

Duh...aku jerawatan sejak SMP....setelah lulus SMA mulai ilang, tapi...pas hidup di Cimahi, jerawat malah sama sekali ga bisa ilang....Udara disini terlalu kotor....dah pake sabun seperti yang aku pake di SMA, tapi disini ga sembuh, Pake Clean & Clear, Pake Pond's Clear Solution ga mempan....jadi gimana baiknya Dokter?

Jhonthor said...

Waah kalo gtu...kykny hrs cpt nikah tu...hehe...

SUNDANESIA said...

Ka Bu Guru nyarios kitu. Teu sopan......! Eh, upami available teh naon hartosna, Bu?